Cara Memasarkan Produk Baru di Pasaran


Image result for penjualan produk baru
sumber google.co.id


                Dalam dunia bisnis atau wirausaha pemasaran adalah hal mutlak uang harus berjalan. Karena ini merupakan suatu nyawa dari sebuah perusahaan. Penjualan dapat terjadi jika adanya strategi pemasaran. Lalu bagaimana jika produk yang akan kita pasarkan adalah produk baru? Ya, memang sangat sulit apabila kita akan menjual suatu produk yang sangat jarang ditemukan atau sangat asing dimata para pelanggan. Kita sebagai produsen atau sebagai pengusaha yang akan memperkenalkan produk baru tersebut kepada masyarakat maka harus benar-benar semangat dan terus kerja ekstra memperkenalkan produk ini kepada mereka. Dana yang dibutuhkan tidak sedikit, karena untuk memperkenlakan suatu produk yang baru tentunya akan menjatuhkan harga atau bahkan melakukan banyak promosi sehingga masyarakat menoleh kepada sang “produk”. Lalu apa yang harus dilakukan apabila modal masih sangat minim?
Pertama adalah riset pasar, yang merupakan hal mutlak seorang wirausahawan sebelum melakoni bisnis. Riset pun ada banyak hal, misalkan riset produk, riset kompetitor, hingga riset pasar. Semuanya sama-sama penting, karena jika tidak di riset atau tidak dicari tahu dengan baik dari awal, maka akan berbahaya untuk diri kita sendiri. Mengapa? Karena kita harus tau atau bahasa lain nya “peka” terhadap kebutuhan pasar, bukan Cuma pacar aja ya guys yang butuh kepekaan, hehehe. Selain itu, tidak hanya kebutuhan diri sendiri saja yang mau dituruti, tapi pasar yang akan kita tawarkan harus kita ketahui! Jangan hanya menyempurnakan keinginan sendiri atau hanya menyempurnakan produk hingga merasa puas sendiri akan produk yang diciptakan, tanpa mengetahui keinginan atau kebutuhan pasar yang menyeluruh.
Kedua, kita harus jeli dengan kebutuhan konsumen seperti alasan yang dibahas di atas. Apakah grafik kebutuhan konsumen meningkat atau menurun, apakah mereka sangat membutuhkan produk kita? Percuma produk sangat keren, tapi sebenarnya tidak terlalu diinginkan atau tidak terlalu dibutuhkan pasar. Lebih baik buat produk yang sederhana, tapi sangat dibutuhkan oleh pasar.
Tiga, promosi yang sekencang-kencangnya. Misalkan untuk saat ini lag tingginya atau meningkatnya pemasaran secara online. Nah, kalian jangan mau kalah dong, kan media nya sudah ada, gratis pula. So, kalian manfaatkanlah itu media sebaik mungkin utnuk mea kalian promosi produk temen-temen. Seperti saya dan tim saya yang sedang gencarnya memulai promodi dengan social media, kemudian dari bantuan temen ke temen untuk mempromodi kan produk saya di Instagram. Karena seperti ktia ketahui bahwa penghuni intagram saat ini sudah sangat banyak dan sedang aktif – aktif nya, jadi kita ahrus manfaatkan media ini.Berikut beberapa bentuk promosi produk kami di media online Instagram,


sumber: pribadi 


Selannjutnya jangan lupa, kualitas produk kalian harus jaga demi kesetiaan pelanggan. Nah ini salah satu alasan mengapa kit aharus menulis resp paten produk kita untuk jangka panjang, jadi walaupun ada pesanan hingga seberapa banayk pun kalian bisa sanggupin dengan adanya resp paten kalian.Jangan lupa juga, untuk bahan-bahan yang kalian gunakan selama pembuatan produk, usahakan stabil ya. Ohya, saya dan tim juga sudah berlangganan dengan beberapa penjual di pasar, tempat kami membeli bahan-bahan yang kami gunakan selama pembuatan produk. Bila perlu temen-temen bisa minta kontka mereka, shengga jika ada orderan yang banyak secara tiba, bisa temen-temn atasi.
Okay guys itulah ebberapa tips dan strategi kita dalam promosi atau menjualkan produk kita yang baru ke pasaran, jadi jangan pesimis ya walaupun produk kalian baru ada di pasaran atau baru melangkah. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Tetap semangat guys dalam berbisnis, selalu rendah hati, optimis, semangat, konsisten dan kerja keras!

Komentar