Pertimbangan dalam Produksi



sumber: dokumentasi pribadi


     Sebelumnya saya pernah mempposting bagaimana cara kita menjualkan produk kita di pasaran. Nah, dipostingan ini saya akan membagikan suatu pertimbangan model suatu perusahaan untuk mengoperasikan suatu industrinya berdasarkan pasar dan kesediaannya yang ada, yakni market pull dan technology push.

Market Pull
Merupakan suatu model proses produksi berdasarkan kebutuhan pasar. Misalkan banyak konsumen yang menginginkan produk cookies, namun untuk mendapatkan tepung terigu saat ini harganya meningkat dan sangat langka di pasaran. Maka kita cari penggantinya hingga menyerupai tepung terigu tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar. Contoh lain adalah pasar yang tidak mengetahui produk kita, kemudian kita paksa untuk mau dan ketagihan dengan produk yang kita pasarkan. Intinya kita melakukan berbagai macam cara (inovasi dan memperhatikan tren pasar) sehingga pelanggan akan datang.



Technology Push
Merupakan suatu model yang menggunakan kemajuan teknologi yang ada dan kemudian melakukan riset untuk mengetahui produk yang akan menjadi kebutuhan pasar. Contoh gampangnya, smart phone kalian deh. Zaman dulu emang kita butuh smart phone? Dulu mah kit apasti gak tau menau mengenai technology, tapi produsen  handphone zaman dulu mengenalkan ke pasaran akan kegunaan dan keuntungannya. Kemudian semakin canggih ke smart phone yang layer sentuh, namun sempat turun di pasaran ketika konsumen tidak mengenal betul fungsi dan manfaatnya, sehinga sempat menghilang. Namun ada pasar baru yang mengenalkan smart phone dnegan merk lain, kemudian selanjutnya terus meningkat bahkan konsumen ketagihan akan kecanggihannya. Bahkan hingga saat ini, banyak model dan future smart phone yang semakin baru dan semakin banyak. Kemudian contoh di bidnag pangannya nih guys, bagi kalian yang telah mempelajari pangan mungkin akan peka dengan teknologi yang baru. Contohnya adalah produk daging dalam kemasan kaleng, saat ini ada teknologi baru yaitu HPP (high pressure processing). Prinsipnya adalah dengan memberikan tekanan tinggi pada suatu produk pangan untuk membunuh dna mengaktivasi enzm yang ada di dalam produk pangan. Sehingga mampu memperpanjang umur simpan produk di pasaran. Produk pangan dengan mengangkat atau mengguakan kemajuan teknologi pada proudknya akna menjual suatu produk tersebut di mata konsumen.  




Apapun model yang tean-teman akan gunakan untuk proses suatu industry kalian, yang terpenting ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan apabila produk tersebut akan diproduksi, yakni:
-          Apakah produk tersebut dibutuhkan konsumen?
-          Apakah produk tersebut menguntungkan secara ekonomis?
-          Apakah produk tersebut memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan aktivitas produksi?
-          Bagaimana pesaing bereaksi terhadap produk yang dibuat?

Komentar