Bulan Mei: Hari Buruh, bagaimana sejarahnya?


sumber: google.co.id

Halo guys selamat menyambut bulan Mei ya. Gak kerasa sudah masuk di bulan Mei aja ya guys. Oh ya, pasti udah pada tengok kalender dong mengapa di tanggal 1 Mei libur? Ya, karena tepat pada tanggal 1 Mei adalah hari buruh nasional. So, kalian penasaran gak sih mengapa jatuh pada tanggal 1 Mei? Yuk kita chek ceritanya….
May day atau disebut dengan hari buruh nasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Lahir dari rentetan perjuangan kelompok pekerja, guna meraih  hak-hak ekonomis, politis dan keindustrian mereka. Di awal abad 19 perkembangan kapitalisme industri telah mendorong perubahan sistem ekonomi politik, terutama di negara-negara Eropa Barat dan Amerika Seriket. Di saat itu, pengetatan dan insetifitas jam kerja diberlakukan untuk para pekerja oleh badan usaha. Namun, sayang nya para pekerja hanya diberi upah minim. Kondisi ini lantas menyulut perlawanan kelompok pekerja.
Pemogokan pertama di Amerika serikat terjadi pada perusahaan sepatu. Kemogokan ini menyebabkan para penggagagsnya dituntut di pengadilan. Nah, ini mengungakapkan fakta, bahwa para pekerja di era itu, bahwa mereka bekerja selama 18 hingga 20 jam perhari. Sejak saat itu, secara simutan perjuangan menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelompok pekerja di Amerika Serikat.
Pada 5 September 1882, parade hari buruh pertama dilakukan di kota New York, yang di kota sedikitnya sekitar 20000 orang. Mereka membawa tulisan “8 jam bekerja, 8 jam istirahat dan 8 jam berkreasi”. Di tahun-tahun berikutnya, gagasan ini terus menyebar, bahkan semua negara bagian turut merayakannya. Tuntutan pengurangan jam kerja ini akhirnya menjadi perjuangan kelompok pekerja sedunia. Kongres Internasional Buruh pertama berlangsung di Jenewa Swiss, yang dihadiri oleh organisasi pekerja dari berbagai negara. Kongres ini menetapkan tuntutan pengurangan jam bekerja menjadi 8 jam sehari sebagai perjuangan resmi buruh sedunia. Akhirnya pada kongres pada tahun 1886 mentepakan bahwa tanggal 1 mei adalah hari perjuangan para pekerja di dunia. Dipilihnya tanggal 1 Mei karena berdasarkan keberhasilan para buruh di Kanada yang menuntut 8 jam bekerja, dan resmi diberlakukan pada tanggal 1 Mei.

Nah, jadi begitu guys singkat ceritanya, mengapa hari buruh jatuh pada tanggal 1 Mei. Oke guys, tetep stay ya di laman blog ini, karena bertepatan pada bulan Mei merupakan hari buruh nasional nih, so besok saya akan coba untuk memilih dan mengupas contoh kisah apa saja yang dialami oleh para pekerja di Indoenesia, apakah mereka telah mendapatkan hak nya seperti yang tercantum pada UU tentang ketenagakerjaan??? Penasaran? Terus chek ya guys!!!! :D

Komentar