Dibalik harga es krim yang murah, tersimpan jerit para pakerja

sumber: google.co.id


            Guys, kalian pasti tau apa merk es krim yang sedang viral saat ini? Iya, yang lagi viral kalau harganya murah dan enak. Kalian pasti tau, dan sudah banyak beritanya di internet guys, bahwa kasus ini telah terjadi di akhir tahun 2017. Sebelumnya saya pernah menjelaskan bagaimana kita bisa bersaing dengan kompetitor agar para konsumen dapat melirik ke produk kita. Oke, kita review ya guys, salah satu cara ampuh untuk mebuat para pelanggan beralih dan melirik produk kita adalah bermain di harga guys. Nah, ini salah satu cara yang sangat banyak dilkaukan oleh para pengusaha guys, salah satunya adalah perusahaan es krim yang baru saja hadir di Indonesia. Es krim ini belum tersebar banyak dan belum terdistribusi rata di seluruh Indonesia, hanya di beberapa daerah dan di beberapa lokasi saja guys. Namun, memang ini es krim sangat lezat dan tidak berbanding dengan harganya yang sangat sangat murah guys. Ohya saya mnegatakan ini karena saya adalah alah satu pelanggan setianya hehehe. Bagaiamana tidak guys, lantaran dengan Rp 2000 saya sudah bia menikmati es krim segar dengan varian buah tropis di Indonesia. Selain harganya yang murah, saya sangat salut dengan ide yang dihasilkan oleh perusahaan ini, karena dia memanfaatkan keadaan suhu di Indonesia yang tropis sehingga produk es krim ini dilapisi dengan berbagai varian untuk menghindari waktu mencair es krim yang singkat seperti es krim pada umumnya. Tapi saya heran aja kok bisa harga es krim semurah ini, sedangkan di pasaran harga es krim termurah saat ini adalah Rp 4000, dan ya kalian tau lah bagaimana rasanya hehhehe,  hmmmm kok bisa ya???
            Sebenarnya otak atik harga dapat dilakukan dengan berbagai cara sih guys, dan tergantung perusahaan masing-masing kan sepandai-pandai nya mereka mengolah semua keuangannya. Namun, ada berita yang sempat saya baca dan dengar dari beberapa media. Nah, kabarnya perusahaan yang anggap saja namnya “A” ini menjual harga es nya dengan harga yang sangat murah, namun para pekerjanya sangat menderita. Berita ini saya peroleh dari beberapa sumber guys, dan bakalan saya kupas disini dengan mata pandang saya ya guys. 
Harga yang murah meriah menjadi salah satu alasan banyak disukai konsumen, rata-rata harga produknya hanya Rp 2000 hingga Rp 8000. Namun ternyata ada jerit buruh dibalik harga murah es krim ini. Sejak November tahun 2017, sebanyak 644 buruh yang berjasa, melakukan mogok kerja. Mogok kerja dilakaukan selama 15 hari. Berdasarakn siaran PERS yang dikeluarkan dari serikat buruh demokrasi kerakayatan. Keputusan ini diambil setelah dilakaukannya 2 kali perundingan dengan pihak perusahaan. Dalam PERS nya, beragam ungkapan yang disampaikan oleh para buruh yang telah lama berjasa dalam memproduksi produk es krim tersebut.
Mereka banyak mengalami ketidak adilan, bahkan sekedar memenuhi hak-hak dasar sebagai pekerja.
1.     Semua buruh dikontrak seperti buruh harian, meski mereka digaji sebesar 3.5 juta, namun tetap dipotong dengan hasil perhitungan gaji pokok/jumlah hari kerja. Pemotongan ini juga tetap berlaku walaupun alasannya sakit. Padahal dalam UU No. 13 tahun 2003 menyatakan bahwa apabila pekerja berahalangan karena sakit, maka upah tetap dibayarkan.
2.     Buruh yang dikontrak  selama 6 bulan hingga 1 tahun ini, hanya menerima perpanjangan kontrak. Bahkan beberapa pekerja mengalami perpanjangan kontrak sebanyak 4 hingga 8 kali dalam setahun. Dalam UU Ketenagakerjaan, tercantum bahwa perpanjangan kontrak paling lama adalah selama 2 tahun, dan selama 1 tahun hanya dapat melakukan 1 kali perpanjangan kontrak saja. Jika melebihi waktu itu, maka pekerja tersebut harus diangkat sebagai pegawai tetap. 
3.     Perusahan ini kerap melakukan penahanan ijazah hingga mempekerjakan buruh tanpa SPK (Surat Perjanjian Kerja).
4.     Sekitar 50% dari jumlah pekerja tidak mendapatkan BPJS kesehatan.

Aksi mogok kerja ini mendapat dukungan dari masyarakat, dan akhirnya perusahaan ini pun merespon dan akan berusaha agar kedepannya mengikuti peraturan yang ada.

            Oke guys, ini adalah salah satu contoh yang tidak baik dan dapat menjadi pelajaran buat kita semua, baik yang menjadi pihak pekerja ataupun perusahaan. Bagi temen-temen yang sudah memiliki karyawan, maka perlakukanlah mereka sama dengan yang lainnya dan hargailah mereka, karena tanpa mereka perusahan tentu tidak dapat berjalan dengan sempurna. Postingan ini menurut beberapa refrensi yang saya kaitkan dengan sudut pandang saya guys, jadi buat kalian para pembaca bisa juga sharing pendapat atau kasi masukkan silahkan langusng tulis pendapat kalian di kolom komentar ya guys. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat :)

Komentar