Kiat-kiat Menjadi Pengusaha Muda?






Bingung bagaimana cara mendirikan perusahaan sendiri yang dimulai dari nol?

Buat kalian yang ingin membangun perusahaan sendiri, jangan takut dan gak perlu minder. 
Terutama buat para pemuda yang pengen banget bisa punya usaha sendiri tanpa ikut campur tangan dengan orang tua. Biar terlihat menjadi seorang anak yang berbakti dan mandiri gitu hehehe...
Intinya tetap maju, jangan ragu dan pastinya terus optimis. 
Eits tapi jangan langsung maju tanpa tau tujuan dan arah ya… hehehe

Jadi awalnya, kalian bisa penuhi syarat-syaratnya untuk mendirikan perusahaan.
Apa aja sih syaratnya?



Jadi syarat untuk mendirikan perusahaan,
petama harus punya tujuan, visi dan misi. Mengapa? Yups, tentu kita berbuat sesuatu pasti harus selalu ada tujuan untuk jadi pemicu dan patokan kita ke suatu hal yang ingin kita capai. Untuk mendirikan perusahaan kita juga pasti butuh tujuan dong, so ini penting banget dan yang utama untuk kalian mendirikan suatu perushaan.
Kedua adalaha peraturan, kenapa peraturan? Ya jelas ini penting lah, sebelum kita dirikan perusahaan awalnya kan kita tentukan tujuan tuh nah kemudian kita harus singkronkan nih dnean peraturan yang ada di negara kita, apakah sesuai atau melenceng bahkan. So jangan lupa ya untuk mengecek peraturan yang berlaku, jangan sampai udah setengha jalan baru inget kalau ternyata selama ini melanggar peraturan yang ada, hehehe. Kemudian selanjutnya adalah unsur-unsur produksinya seperti modal, teknologi, SDM, bahan baku, pasar dan hal-hal yang diperlukan dalam berproduksi dan pemasaran produk kalian.

Kalau salah satu dari persyaratan ada yang tidak tercapai bagaiamana? HARUS ADA!!!, bagaimana pun itu pasti ada jalannya, kalau tidak ada, ya cari! kalau gak ada, ya harus ada!!! So just do!

Caranya bagaiamana agar syaratnya dapat tercapai?
Lakukan servei à Ada dua kutub dalam mendirikan perusahaan à riset tentang pasar dan riiset tentang bahan baku à market pull dan pasar push.
Lalu selanjutnya apa yang harus dilakukan?
1.       Menentukan tujuan
2.       Menentukan produk
3.       Mengurus perizinan usaha, dan seterusnya seperti syarat diatas.

Buat kalian para mahasiswa terutama, tapi yang udah gak sabaran dan pengen banget buka usaha sendiri, pasti kendalanya selain modal adalah bagi waktunya kan?

Jangan khawatir, kalian bias bagi waktu kalian dengan cara sebagai berikut:
Tulis apa aja yang harus kalian lakukan dalam membuat perusahaan
1.       Penetapan tujuan
2.       Penetapan produk
3.       Riset pasar
4.       Desain kemasan, merk
5.       Perizinan domisili, penyuluhan, dst.

è buat ke dalam tabel GANT CHANT, yang biasa disebut dengan menejment project yang berbentuk tabulasi. Biasa digunkaan dalam suatu proyek selain untuk mennetukan waktunya dapat juga ditentukan bobot ketenaga kerjaan/SDM,
Kemudian petakkan masing2 kegiatan stiap minggunya, dan chek apakah sudah sesuai dnegan jadwal yang ada, kemudian kejar terus jangan smape ada yang terlambat, sehingga sesuai dnegan jadwal dan target yang telah ditentukan. Apabila plot dengan detail, agar data terinci.

è Selaian GANT CHANT, kita bisa juga membuatnya dengan CPM (Critical Path Method) yang berbentuk diagram chart, baik yang kebawah maupu kesamping. Kalau pada GIANT CHART bias ditentukan anggaran dan sebagainya, namun untuk CPM dapat ditetapkan tahap mana yang kritis dan mana yang tidak kritis, sehingga kita mamppu menentukan mana yang bias dipercepat dan mana yang bias dihilangkan.

è Mind map, dan ada banyak metode yang lain dapat digunakan.

So masih ada alasan untuk tidak mencoba membuka usaha sendiri?
Lets try guys and don’t be afraid 😊


Oleh: Dr. Ir. Albert Kuhon. Ms,

Komentar