How to be a leader?

sumber: google.co.id


 Apabila kalian akan memilih pemimpin atau ingin menjadi pemimpin Makapemimpin seperti apa yang akan kalian pilih atau kalian ingin menjadi pemimpinyangseperti apa nantinya? Tentunya yang pintar berkomunikasi, yang memiliki pengalaman, berpendidikan, berintegritas (jujur, disiplin, loyalitas, bertanggung jawab),dan  keturunan. Mengapa?Apakah semuanya harus kita miliki untuk menji seorang pemimpin?
1.  Kemampuan berkomunikasi itu sangat penting bagi pemmimpin. Setidaknya dapat berkomunikasi dengan Bahasa ibu dan mampu untuk berkomunikasi di sekeliling lingkungannya.
2.      Pengalaman atau prestasi, apakah ini harus dimiliki oleh pemimpin? Ya sebaiknya iya, tapi tidak wajib atau tidak mustahil apabila sang pemimpin tidak memiliki pengalaman yang banyak. Pengalaman kita bisa dapat dimana saja, bisa saja dengan perjalananya menjadi pemimpin sedikit demi sedikit akan terus menjadi yang terbaik karena selama perjalananya benar-benar diamati yang dijadikannya pengalaman untuk pembelajarannya ke depan.
3.   Pendidikan. Apa iya untuk menjadi seorang pemimpin harus memiliki pendiidkan yang sangat tinggi, sehingga apabila semakin tinggi Pendidikan maka semakin tinggi juga jabatannya? Tidak tentu. Ini bukan salah satu Kendala, namun tidak salah juga apabila semakin tinggi jenjang Pendidikan maka semakin tinggi jabatan atau semakin baik Ia menjadi pemimpin. Namun banyak juga yang tidak memiliki Pendidikan yang tinggi tapip menjadi seorang pemimpin suatu perusahaan, tapi tentu dengan kecerdasannya dan kemampuannya dalam memimpin itu perlu dimilikinya.
4.    Integritas , tentu sangat dibutuhkan untuk seorang pemimpin. Integritas tidak dapat hadir di diri kita secara tiba-tiba tentunya, bibit integritas ditanam sejak kita masih kecil yang bertumbuh dan berkembang berdasarkan lingkunan hidup di sekitar kita tentunya, baik keluarga maupun teman-teman. Apabila seorang pemimpin tidak memiliki integritas di dirinya, maka akan sulit dibangun kepercayaan untuk dapat memimpin banyak orang.
5.  Cerdas. Sifat ini biasanya diwarisin dari ornag tua, terutama seorang ibu. Sifat ini sangat dibutuhkan bagi seorang pemimpin, karena orang cerdas biasanya akan berfikir rasioanal.
6.   Kerjasama. Kerja sama dalam hal apapun itu pasti sangat dibutuhkan di lingkungan kerja, namun memiliki batas tentunya.
7.  Harta juga diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin. Mengapa? Jadi untuk menjadi seorang pemimpin harus kaya? Seperti kita ketahui banyak pemimpin yang cukup mapan dan bahan jarang ditemukan pemimpin yang maju tanpa adanya bekal finansial. Apabila ingin menjadi seorang pemimpin, maka minimal untuk kehidupan pribadi kita dapat tercukupi. Jangan hanya ingin memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan mencukupi kebutuhan pribadi. Tapi kita harus memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan umum apabila bekerja di suatu lembaga pemerintahan dan bekerja untuk kepentingan perusahaan apabila bekerja di suatu perushaan.

jJadi buat kalian yang ingin menjadi pemimpin dimana pun itu, ikuti syarat-syarat diatas ya
jJangan pernah takut untuk menjadi pemimpin, seorang pemimpin tidak mengenal usia.

  Come on guys, be a young leader … 😉



Oleh: Dr. Ir. Albert Kuhon. Ms,

Komentar