RAW FOOD DIET : DIABETES

               
sumber: www.google.co.id


                  Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai bahaya junk food dan makanan yang berasal dari hewani dapat mengakibatkan banyak penyakit dan salah satu nya adlah penyakit diabetes. Pada artikel ini akan dibahas tentang diabetes itu sendiri, yang dikutip juga dari hasil wawancaa para ahli yang terdapat pada link video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=eJPm9SCNhAs
Mungkin sudah tidak asing lagi penyakit “diabetes” yang telah menerkam banyak nyawa. Bahkan wabah luar biasa yang ada di US pernah tercatat dalam sejarah manusia, lebih dari 20 juta penduduk Amerika terkena penyakit diabetes ini.  Hingga saat ini telah tercatat bahwa kebanyakan orang terkena diabetes yang tipe 2, dimana jumlahnya telah mencapai tiga kali lipat selama 10 tahun terakhir ini. Bahkan penyakit ini menduduki urutan kelima sebagai penyakit yang mematikan di Amerika dan belum ditemukan obat yang benar-benar dapat menyembuhkannya. Namun, diperoleh cara untuk mengurangi gejala dari penyakit tersebut, yaitu diet makanan nabati.
                Jadi sebenanrnya apa itu diabetes? Diabetes merupakan suatu penyakit yang dimana berkurannya kepekaan (sensitifitas) nya seseorang, termasuk tubuh mamu menetralisir atau tubuh tidak mampu mengekresikan insulin. Penyakit ini memiliki dua tipe, yaitu diabetes tipe I dan diabetes tipe II,tipe I disebabkan dari keturunan dan tipe II disbabkan oleh kebiasaan individualtu sendiri. Contoh kasusnya, pada gula darah seseorang mengalami kenikan melebihi angka normal (120), sehngga dibutuhkannya tambahan insulin dari luar tubuh ke dalam tubuh untuk membantu menstabilkan gula darah. Diabetes ini disebabkan oleh kombinasi dari beberapafaktor tentunya. Faktor pertaman adalah lemak yang ada di dalam tubuh, terutama lemak abdominalatau lemak yang berada di bagian tengah rongga perut. Lemak tersebut disimpan dalam bentuk HPL yang mampu menghambat kerja insulin dalam tubuh, dengan begitu pancreas pun harus memproduksi insulin lebih banyak lagi untuk mencukup kebutuhan tubuh.
                Menurut ahli berdasarkan data yang diperoleh, bahwa penderita diabetes tipe II lebih banyak ditemukan, yang dimana penyebab diabetes tipe II ini adalah kebiasaan dari indivisual itu sendiri. Penjelasan yang sama seperti pada artikel yang membahas junk food dan food choise bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurnag bergizi akan berdampak pada kesehatan tubuh. Kebiasan buruk yang dapat menyebabkan diabetes adalah dari yang terkecil hingga terbesar. Mengonsumsi makanan tinggi gula, sejak gula dikenal dari beberapa budaya maka banyk juga dikenalkan makanan yang banyak menambhakan gula, yang kemudian menambah angka pasien yang mengidap penyakit diabetes. Kemudian konsumne yang sangat rutin mengonsumsi daging, susu dan olahan pangan dari hewani. Seperti yang teah dijelaskan pada artikel food choise, banyak para ahli yang mnejelaskan bahaya nya konsumi makanna yang berasa dari hewani dan inilah salah satu alasannya, bhawa lemak hewani memperoleh tingkat kedua setelah gula. Selain itu, konsumsi kopi juga ternyata mampu menaikan kerja insulin sebesar 33%. Bahkan tidak hanya kopi, rokok pun mampu menjadikan insulin menjadi ebih resiten sehingga rokok merupakan salah satu precursor terjadinya diabetes. Mungkin keluar ertanyaan mengapa rokokdapat menyebabkan diabetes? Jadi sebenarnya rokok sendiiri mengandung herbesidadan logam berat yang dapat menghambat kerja insulin dalam tubuh.


Komentar