Sukses Usaha Rumahan


                Helo guys, semoga masih semangat untuk belajar dan terus mencari informasi terkait usaha yang akan kalian bangun ya. Ohya sebelumnya postingan saya membahas kalau suatu usaha rumahan harus memiliki izin PIRT. So, kalau sudah punya izin PIRT apa dijamin produk kita laku terus? No!!! Kita harus tetap selalu ada usaha untuk menjualkan produk kita ke konsumen. Ohya saran buat temen-temen nih sebelum menentukan produk dan diurus izinnya. Pastikan dulu semuanya akan berjalan baik-baik saja nantinya.
                Sebelumnya posting saya menjelaskan bahwa untuk produk pangan yang siap diedarkan harus memiliki nomor izin PIRT agar terjamin. Selain itu, bagaimana cara kita untuk menentukan suatu tujuan kita agar tetap kokoh dipasaran? Tentu, kalian yang sudah punya suatu usaha atau berniat untuk membangun usaha. Kalian pasti memilki tujuan, visi dan misi untuk usaha yang kalian miliki. So,  jangan sampai meleset atau bahasa gaulnya “melenceng” dari tujuan yang sudah kalian buat ya. Dari beberapa aset yang kalian miliki untuk mencapai sebuah tujuan harus diatur sedemikian rupa sehingga dapat mencapai suatu tujuan besar. Kita harus benar-benar menyiapkan dan memkirkan beberapa atribut seperti, modal, SDM, bahan, teknologi dan waktu.
                Modal, merupakan suatu atribut yang prnting untuk mebuka suatu usaha, apalagi jika usaha nya baru dibangun. Kita jangan hanya bermodal nekat, so tetap harus diperhitungkan modal yang dibutuhkan utnuk membuat suatu usaha. Kta harus realistis utnuk membuat suatu usaha dengan memikirkan modal yang dibutuhkan. Jangan hanya memikirkan segala hal yang terlalu berlebihan jika modal tak ada. Tapi jika benar-benar tidak ada, coba mencar informasi untuk meminjam uang sebagai modal kita. Misalkan di bank atau dibeberapa badan yang mau meminjamkan dana untuk membuka usaha. Jadi, buat kalian yang tidak punya modal dan ingin membuka usaha jangan prustasi ya hehehhe.
                Next, selain modal kita juga harus memikirkan SDM atau pekerja untuk membantu kita dalam produksi produk yang akan kita jual.  Bisa aja sih kalau misalnya kita kerja sendiri kalau belum ada modal untuk bayar pekerja. Tapi coba kalian bayangkan jika usaha tersebut hanya kalian yang kerjakan sendiri, dari beli bahan, buat produk, labeling, hingga pemasaran cuma sendiri doang? Sepertinya kalau seperti itu kita bakal cepet bosan dan lelah hahaha. Ini sesuai pengalaman saya yang dulu nya sempat coba-coba buat usaha sendiri dan semuanya kerjain sendiri, tapi masih kuliah. So, ini pasti sangat meepotkan dan melelahkan guys, tapi ini tergantung kalian dan pembagian waktunya sih, hehehe. Selain untuk pembaian waktu dan energi yang cukup banyak, agar lebih efesien kalian bisa tarik orang untuk bekerja dengan kalian. Ohya, mau share lagi nih, tahun ini kami bakalan coba pasarkan produk makanan dengan produksi skala rumahan bareng teman-teman yang ditugaskan oleh dosen kami dalam mata kuliah manajemen. Nah, disini kami belajar bagaimana mengtur dan membagi tugas yang baik dalam menjalankan suatu usaha yang baru dari awal. Jadi, dipostingan ini saya juga akan selalu share ke temen-temen perjalanan kita dalam menjalankan suatu usaha rumahan yang tetep kece utnuk mahasiswa hehehhe. Nah, kalau sudah ada beberapa temen untuk bekerja sama dalam membangun usaha tesebut, kalian jangan terlalu pusing dulu untuk menarik orang dalam produksi. Seperti saya saat ini memiliki 2 temen untuk bekerja sama dalam buat suatu usaha rumahan ini. Saya Bersama temen saya, Dany Ardiansah dan Stefhany membagi tugas agar lebih ringkas dan efesien untuk mencapai tujuan kita membangun usaha rumahan ini. Dari awal, saya berkutik dengan resep dan uji lab, kemudian si Dany yang hobi dan jago desain membantu kami dalam membuat label produk hingga pemasaran, dan kemudian si stefhany mengurus untuk perizinannya. Gak sampai disana, next postingan akan terus saya jelaskan perjalanannya lebh detail ya.
                Selanjutnya ada bahan juga nih yang menjadi salah satu atribut yang penting untuk keberlanjutan usaha kita. Why? Karena tentu kita akan selalu membutuhkan bahan untuk menjual produk. Nah ini juga salah satu factor utama yang perlu kita perhatiin sebelum menentukan produk apa yang akan kita jual. Kalau misalkan bahannya jarang dan sulit banget dicari, kalian tentu akan sulit dan kebingungan kalau sudah banyak orderan dan permintaan pasar. Atau misalkan, kalau harganya terlalu mahal tapi gak ada modal? Tentu menyusahkan juga kan. Nah, jadi ini sangat penting ya guys untuk kalian rundingin, hehehe. Ohya, ada tips buat kalian yang kebingungan dengan bahan yang susah dicari dan mahal. Kalian bisa mengganti dengan bahan yang sama dengan 100% ataupun bisa juga subtitusi dengan bahan lain. Jangan lupa, temen-temen survei disekitar lokasi produksi produk kalian ya. Jika ada yang lebih mudah dan lebih baik di deket lokasi, sebaiknya buat perjanjian atau seperti sudah mengetag penjual itu untuk menjadi link untuk pembelian bahan setiap kali ingin produksi. Dengan begitu akan memudahkan kita dan juga akan menghemat biaya transportasi, hehehe. Intinya, sebisa mungkin kita harus benar-benar meminimkan pengeluaran, agar mendapatkan keuntungan yang banyak, hehehe.
                Next lagi, ada teknologi guys. Mungkin ini untuk beberapa produk yang emang membutuhkan teknologi dalam proses pembuatan produk. Misalkan untuk beberapa dari kalian yang hanya mau menyewa pekerja beberapa orang saja, namun banyak proses untuk memproleh produknya, tapi kalian mau hasil yang efesien dan efektif. Nah, ini salah satu alternatifnya, zaman sekarang tekologi semain berkemabng dan sangat mudah untuk kita temui. Misalkan, temen-temen mau produksi produk kripik buah atau umbi-umbian membutuhkan mesin pengering minyak agar lebih tekstur guriihnya lebh lama saat dipasarkan. Kemudian kalau temen-temen ingin produksi kerupuk atau produk yang membutuhkan cahaya matahari, dan tau sendiri di Indonesia musiman dan tak menentu. Eits,sekarang mah itu udah gak jaman dan bukan jadi alasan dong, toh ada oven untuk mengerngkan produk tanpa bergantung kepada cahaya hehehe. Jadi, intinya kalau temen-temen membutuhkan teknologi dalam proses pembuatan produk kalian, bisa dicari teknologi yang memungkikan dan dapat dijangkau. Memungkinkan disini maksudnya, misalkan untuk tempat produksi kalian membutuhkan oven yang besar, tapi hanya punya ruang yang kecil dan untuk renovasi kekurangan biaya. Ya, jangan diambil yang besar, kalai ada yang ukuran kecil aau alternative lan bisa pilih yang lain. Intinya, temen-temen bisa atur sedemikian mungkin, dari biaya, ruang, dan energi yang dibutuhkan untuk keberlangsungan usaha kalian guys. Kemudian mudah dijangkau, maksudnya disini adalah temen-temen membelinya dimana? Dengan siapa? Sehingga jika mudah dijangkau kalian pun bisa mengechek dan memudahkan transportasi untuk mengambilnya.
                Terakhir, kalian harus siapkan waktu. Emang penting? Yaiyalah, kalian kan pengen ini usaha serius dan bisa berkembang hingga mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. So, kalian harus tekuni ini bisnis denga cara mengatur waktu sebaik mungkin, untuk mengolah semua atribut di atas dengan sedemikian rupa sehingga dapat menjalankan usaha kalian dengan efesien dan efektif, sehingga keuntungan yang diperoleh pun akan semakin besar.  

Komentar