Cara Menentukan Harga Jual Produk

sumber: google.co.id

Hello guys, balik lag untuk kembali megabari apa progress kita saat ini. Saat ini kita sudah menemukan resep produk yang akan kita jual. Jadi, kelompok saya ini akan menjual produk abon ikan dengan kemasan plastic stancng pouch, yang katanya saat ini lagi ngetrend hehehe. Ohya, untuk trial produk kit amembutuhkan waktu selama 1 minggu dengan 3 hingga 4 pengulangan resep yang berbeda. Nah kemudian, kita kan akan ata menginginkan izin PIRT untuk produk kami, yang syaratnya banyak banget, dan cukup lama prosesnya. Jadi sembari menunggu tim saya mempersiapkan yang lainnya agar modal kita juga kembali. Nah, jadi kita akan mulai menjualkan prduk ini ke pasaran, baik di pasar tradisional, supermarket , tempat makan dan yang paling kita utamakan adalah took online. Nah, seelum kita masukin produk kami ke pasar, maka dari hasil trial dan perhitungan kami, tentu kita harus mempertimbangkan harga produk agar dapat dilirik pembeli. Okay guys yuk chek apa aja sih yang harus kita lakukan dan fikirkan utnuk menenukan harga jual produk yang akan kita pasarkan.  
Tidak sedikit para pembisnis dapat menentukan harga produk nya yang tepat. Harga jual sangat penting utnuk menentukan tingkat penjualan. Apabila terlalu mahal tkautnya para pelanggan tidak tertarik untuk membeli produk kita, namun kalau terlalu murha juga akan menurunkan laba produsen. Sehingga sangatlah penting suatu perhitungan dalam menentukan harga jual produk. Harga jual suatu produk menjadi suatu hal yang sangat sensitive untuk keberlanjutan usaha dan bisnis kita. Banyak hal akan terpengaruh dengan harga jual yang telah kita tetapkan. Memang kita dpat menentukan harga jual dengan seenak yang kita inginkan, tapi hal itu dapat meningkatkan resiko kerugian yang akan dialami pada masa nyang akan dating. Setidaknya ada ebberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menentukan harga jual produk ke pasaran. Hal- hal yang harus kita perhatikan adalah factor pelanggan, pesaing, biaya dan juga kemanfaatannya untuk usaha kita sendiri.
Faktor pertama adlaah pelanggan, tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan sangat berpengaruh. Harga akan menentukan kualitas yang kita tawarkan kepada pelanggan kita. Kedua adalah pesaing, sangat penting utnuk melihat peaing kita seelum menentukan harga yang mereka jual kepasaran. Karena hal ini akan sangat menjadi salah satu factor dalam penentuan pilihan pelanggan dalam emmilih produk yang akan dibelinya, tentunya mereka akan membandingkan antara produk satu denagn yang lainnya yang berjenis sama. Ketiga adalah factor biaya, factor ini merupakan factor utama juga alam menentukan produk. Jangan sampai harga yang kita tawarkan ke konsumen atau pelanggan tidak menutupi biaya yang telah dikeluarkan selama berproduksi hingga produk sampai ke pasaran. Maka dapat dikatakan bahwa produsen rugi. Keempat adlah kemanfaatan untuk usaha kita sendiri, maksudnya adlaah apakah harga jual sudah pantas atau belum. Pantas yang dimaksud disini adalah harga dapat memberikan keuntungan yang diharapkan. Seandainya keuntungan yang diharapkan dapat tercapai, maka sesuai denagn ekspektasi atau rencana yang telah disusun sebelumnya.

Setelah kita telah menemukan harga produk yang tepat atas biaya-biaya produksi ditambah keuntungan yang diharapkan, pertimbangakan juga apakah pelanggan akan terbebani dengan harga jual tersebut. Bagiamana harga jual yang ditawarkan para pesaing kita. Jika harga jual produk kita terlalu tinggi, mungkin kita dpat menurunkan tingkat keuntungan yang akan kita harapkan. Sehingga produk kita mampu bersain dengan produk dipasaran dengan jenis yang sama seperti kita jual.

Komentar