sumber: google.co.id
Hello guys, balik lag untuk kembali megabari apa progress kita saat
ini. Saat ini kita sudah menemukan resep produk yang akan kita jual. Jadi,
kelompok saya ini akan menjual produk abon ikan dengan kemasan plastic stancng
pouch, yang katanya saat ini lagi ngetrend hehehe. Ohya, untuk trial produk kit
amembutuhkan waktu selama 1 minggu dengan 3 hingga 4 pengulangan resep yang
berbeda. Nah kemudian, kita kan akan ata menginginkan izin PIRT untuk produk
kami, yang syaratnya banyak banget, dan cukup lama prosesnya. Jadi sembari
menunggu tim saya mempersiapkan yang lainnya agar modal kita juga kembali. Nah,
jadi kita akan mulai menjualkan prduk ini ke pasaran, baik di pasar tradisional,
supermarket , tempat makan dan yang paling kita utamakan adalah took online.
Nah, seelum kita masukin produk kami ke pasar, maka dari hasil trial dan
perhitungan kami, tentu kita harus mempertimbangkan harga produk agar dapat
dilirik pembeli. Okay guys yuk chek apa aja sih yang harus kita lakukan dan
fikirkan utnuk menenukan harga jual produk yang akan kita pasarkan.
Tidak sedikit para pembisnis dapat menentukan harga produk nya yang
tepat. Harga jual sangat penting utnuk menentukan tingkat penjualan. Apabila
terlalu mahal tkautnya para pelanggan tidak tertarik untuk membeli produk kita,
namun kalau terlalu murha juga akan menurunkan laba produsen. Sehingga
sangatlah penting suatu perhitungan dalam menentukan harga jual produk. Harga
jual suatu produk menjadi suatu hal yang sangat sensitive untuk keberlanjutan
usaha dan bisnis kita. Banyak hal akan terpengaruh dengan harga jual yang telah
kita tetapkan. Memang kita dpat menentukan harga jual dengan seenak yang kita
inginkan, tapi hal itu dapat meningkatkan resiko kerugian yang akan dialami
pada masa nyang akan dating. Setidaknya ada ebberapa hal yang harus kita
perhatikan sebelum menentukan harga jual produk ke pasaran. Hal- hal yang harus
kita perhatikan adalah factor pelanggan, pesaing, biaya dan juga kemanfaatannya
untuk usaha kita sendiri.
Faktor pertama adlaah pelanggan, tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan
sangat berpengaruh. Harga akan menentukan kualitas yang kita tawarkan kepada
pelanggan kita. Kedua adalah pesaing, sangat penting utnuk melihat peaing kita
seelum menentukan harga yang mereka jual kepasaran. Karena hal ini akan sangat
menjadi salah satu factor dalam penentuan pilihan pelanggan dalam emmilih
produk yang akan dibelinya, tentunya mereka akan membandingkan antara produk
satu denagn yang lainnya yang berjenis sama. Ketiga adalah factor biaya, factor
ini merupakan factor utama juga alam menentukan produk. Jangan sampai harga
yang kita tawarkan ke konsumen atau pelanggan tidak menutupi biaya yang telah
dikeluarkan selama berproduksi hingga produk sampai ke pasaran. Maka dapat
dikatakan bahwa produsen rugi. Keempat adlah kemanfaatan untuk usaha kita
sendiri, maksudnya adlaah apakah harga jual sudah pantas atau belum. Pantas
yang dimaksud disini adalah harga dapat memberikan keuntungan yang diharapkan.
Seandainya keuntungan yang diharapkan dapat tercapai, maka sesuai denagn
ekspektasi atau rencana yang telah disusun sebelumnya.
Setelah kita telah menemukan harga produk yang tepat atas biaya-biaya
produksi ditambah keuntungan yang diharapkan, pertimbangakan juga apakah
pelanggan akan terbebani dengan harga jual tersebut. Bagiamana harga jual yang
ditawarkan para pesaing kita. Jika harga jual produk kita terlalu tinggi,
mungkin kita dpat menurunkan tingkat keuntungan yang akan kita harapkan. Sehingga
produk kita mampu bersain dengan produk dipasaran dengan jenis yang sama
seperti kita jual.
Komentar
Posting Komentar