sumber: google.co.id
Kali
ini saya mau posting lagi nih tentang pengalaman pengusaha muda yang berasal
dari semarang yaitu kak Muhammad Faizal Hidayat pemilik kedai It’s Milk. Yuk
langsung aja kita chek,
Berasal dari Ia melihat sulitnya orang
untuk mencari pekerjaan, dan bahkan teman-teman sekitarannya ingin melamar
menjadi PNS dan ingin menjadi pegawai pemerintahan. Nah, lalu si Kak Faizal
yang berumur 24 tahun ini berfikir, “mengapa teman-temannya ingin melamar menjadi
PNS yang untuk masuknya sepertinya sulit, dan jika semua ingin menjad pegawai,
lalu siapa yang akan embuka lapangan pekerjaan di era yang sedang sulitnya
mencari pekerjaan ini?”. DIsanalah Ia mencetuskan untuk bertekat membangun
suatu usaha. Walaupun kak Faizal ini berlatar belakang pendidikannya D3
elektronik, namun jiwa wirausahanya jangan ditanya. Ia ingin membuka lapangan pekerjaan
bagi banyak orang, sehingga kak Faizal ini berusaha untuk berputar otak mencari
peluang dan memperdalam ilmu bisnisnya.
Pada
saat Ia dan teman-temannya pengabdian masyarakat di Seno Pati, disana Ia
melihat bahwa produksi susu nya melimpah dan harga terjangkau. Berawal dari
sanalah mengapa kak Faizal ini membuka kedai susu. Modalnya giman aya
kira-kira? Nah, jadi kak Faizal ini menggunkan uang sebesar Rp 1.300.000 dari
Program Wirausaha Mahasiswa. Modal yang tidak terlalu banyak ini mungkin membuat
temen-temen berfikir bahwa usahanya hanya sebuah gerobak. No no no, jadi dari
uang segitu kak Faizal dan kerabatnya ini membuka 1 kedai dan kemudian uangnya
diputar terus hhingga saat ini kedai “It’s Milk” banyak tersebar di beberapa
daerah, jaringan bisnisnya menggurita, dan bahkan omzetnya bikin ngiler guys
yakni sebesar 1 Miliar per bulan guys,Woooow…
Nah,
ini kedainya kan banyak tersebar di berbagai daerah, pas temen-temen bertanya mengenai manajemen
semua kedai tersebut dengan baik. Jadi gini nih guys, pada setiap kedai diberi
satu manajer yang menanggug jawab 1 kedai tersebut, disana si manajer harus
bertanggung jawab atas semua yang terjadi pada kedai yang Ia pegang dan
kemudian buat laporan untuk disampaikan pada pemiliknya. Sekarang kan udah
canggih, so mereka selalu bisa beri laporan atau kabar dan perkembangan setiap
kedai nya melalui media online guys, jadi kan ermanfaat ya hehehe. Nah, untuk
menyama ratakan setiap kedai nya, sang pemiliki membuat SOP yang telah
ditetapkan untuk diikuti oleh semua karyawan yang ada di kedai, sehingga
kualitas selalu djaga oleh mereka.
Nah,
seperti pada pengalaman pengusaha lainnya guys, yang sebelumnya saya pernah
share. Bahwa inovasi setiap usaha harus selalu dippertahankan dan selalu
meningkat demi persaingan di pasaran. Demi mencuri perhatian, kedai It’s milk ini
memiliki lebih daari 30 varian susu dan puluhan kudapan kekinian yang diciptakan.
Mimpi tak boleh berhenti, musti digapai hingga lelah nanti. So, mereka terus
berusaha untuk mencapai mimpinya, yaitu yang sesuai denagn tag line it’s milk “
susu nya Indonesia”. Kedepannya mereka akan terus berusaha berinovasi untuk
merambat menyebarkan outlet nya ke seluruh Indonesia hingga mampu mengahsilkan
produk siap minum dalam kemasan.
Ada
kutipan dari kak Faizal nih guys, yang mungkin dapat memotivasi kita utnuk bekerja
keras dalam membangun bangsa, “kalua kita para pemuda smeuanya ingin bekerja di
ranah pemerintah yang gajinya sudah pasti dan terjamin, llau siapa yang akan membayar
pajak? Lalu siapa yang akan berinvasi? Lalu siapa yang akan memajukan Indonesia?
Siapa yang akan berkarya? Mana produk khas Indonesia yang dapat diunggulkan? Jadilah
pemuda yang terbaik di Indonesia ini, karena Indonesia membutuhkan karya kalian
semua!”.
Anak muda memilik banyak waktu
utnuk mengambil peluang yang ada, tak ada leha-leha, yang ada harus berusaha,
bermanfaat bagi sesama bahkan juga bangsa dna negara. Selalu semangat guys
untuk berkarya dan berinovasi demi bangsa yang terus berjaya.
Komentar
Posting Komentar