sumber: google.co.id
Pada
postingan kali ini saya akan membahas strategi dari perusahaan yang ada di
sekitar kita, terutama dalma bidnag pangan. Sebelum nya saya jua pernah share
pa saja yang dibutuhkan bag pada pemuda yang ingin membuka usaha, nah kali ini
kita mungkin dapat memperhatikan strategi dari beberapa perusahaan yang telah
berhasil menarik banyak pasar. Dengan harapan, kita dapat menjadikan pengalaman
mereka untuk pembelajaran dan stratei kita ke depannya. Jadi, apa itu manajemen
strategis? Manajemen strategs merrupakan suatu seni dalam penyusunan,
merumuskan, mmengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan yang
mengarah dan berfokus kepada suatu tujuan organisasi hingga tercapainya sasaran
yang diinginkan.
Tujuan manajemen
startegi adalah:
-
Untuk memberi suatu arah pencapaian tujuan
organisasi maupun perusahaan.
Contoh pada suatu perusahaan, dimana manajer strategi
harus mampu menunjukkan kepada semua pihak kemana arah tujuan perusahaan tersebut
dengan melakukan berbagai rangkaian cara. Contoh mudahnya, mungkin temen-temen
sering mengikuti suatu kepanitiaan yang akan mengadakan suatu acara, nah disana
tentu ketua akan membuat strategi kepada masing-masing panitia untuk saling
membantu menjalankan strategi dengan suatu susunan langkah yang ada demi berjalannya
suatu acara. Hal ini dikarenakan, arah yang jelas akan dapat dijadikan landasan
untuk mengevaluasi keberhasilan suatu organisasi atau perushaan.
-
Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak
Tujuan ini mugkin bisa digambarkan dengan istilah “think
win win”. Karena dengan adanya suatu penyusunan strategi, tentu akan difikirkan
pihak-piphak lain yang berhubungan dengan target suatu organisasi atau
perusahaan kedepannya. Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas (judul:
Planning (P.O.A.C), bahwa pentingnya untuk kita merencanakan 3 hal yang penting,
yakni dimuai dari bahan baku, proses hingga pemasaran. Kalau dilihat dari ketiga
poin tersebut, tentu terdiri dair banyak pihak yang bersangkutan, dan harus
difikirkan. Contoh sederhananya tim saya yang membuat abon ikan, tentu kita membutuhkan
pemasok untuk kemudahan kita dalam memesan bahan baku yang akan kita olah. Tidak
hanya itu, karyawan atau rekan kerja, pemegang saham, dan masyarakat luas yang
memegang peran penting terhadap sukses atau gagalnya suatu perusahaan atau
organisasi.
-
Mengantisipas setiap perubahan kembali secara
merata
Manajemen strategi memungkinkan ekskutif puncak untuk mengantisipasi
adanya perubahan dan menyiapkan pengendalian, sehingga dapat memperluas kerangka
berfikir secara perspektif dan memahami kontribusi yang baik untuk saat ini dan
atua untuk kedepannya. Contohnya
misalkan pada suatu perusahaan sudah emmbuat strategi untuk mencapai tujuan,
namun di pertengahan jalan bisnis nya ada suatu hal yang harus diubah, maka harus
membuat strategi baru yang dapat memecahkan masalah tersebut namun tetap sesuai
tujuan awal. Namun, ada juga suatu perusahaan yang menggunakan strategi hanay
untuk menuipu lawan atau competitor demi memenangkan pasar.
-
Efesiensi dan efektivitas
Temen-temen pasti suadha bisa bayangkan, jika kita sudah
merencanakan dan menjalankan sesuai aturan, tentu akan menghasilkan hasil yang
efesien dan efektif untuk perusahaan. Tnaggung jawab seorang manajer bukan
hanya mnegkonsentrasikan terhadap kemampuan atas kepentingan efesiensi, akan
tetapi hendaknya juga memiliki perhatian yang serius agar bekerja keras
melakukan sesuatu denagn cara yang lebih baik dan efektif.
Komentar
Posting Komentar