Strategi Memulai Bisnis Kuliner

Image result for tips memanajemen bisnis kuliner
sumber: google.co.id



                 Oke guys kali ini saya akan sharing berdasarkan beberapa pengalaman pengusaha muda yang berkutk dalam bisnis kulinernya. Seperti kit aketahui bahwa makanan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Memiliki usaha kuliner, maka potensi untuk berhasil kemngkinan besar dapat lebih tinggi disbanding usaha lainnya. Namun, karena makanan merupakanan kebutuhan dasar manusia, maka banyak orang yang bersaing untuk membuka usaha kuliner, sheingga persaingan di idnag kuliner cukupdikatakan ketat guys. Ya, bisa kita lihat aja sekarnag industri makanan mau kecil ataupun besar sudah tersebar dimana-mana, dengan bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Sehingga kita harus memiliki strategi khusus untuk dapat bersaing dengan usaha yang sama agar tetap bertahan dan berkembang dengan baik kedepannya. Nah, dari beberapa pengalaman para pengusaha muda yang sebelumnya telah saya posting, kita bisa tarik beberapa tipsnya sebagai berikut:

MODAL
Temen-temen pasti merasa gak percaya diri untuk membangun usaha jika tak ada modal? Klaian pasti khawatir dan cemas jika tidak ada modal di awal. Sebenarnya sih ini wajar, namun kalian harus tau bahwa modal bukan segalanya guys. Kalian masih ingat dnegan cerita kak Danu pemilik usaha RANDOL (Raja Cendol) pada postingan saya sebelumnya. Disana kak Danu menjelasakan bahwa modal bukan segalanya utnuk kita maju membangun usaha. Modal bukan masalah besar, namun kreativitas adalah modal yang paling mahal guys. Jika temen-temen terkendala dengan modal (uang), kalian bisa meminjam pada ornag terdekat kalian yang dapat dipercaya atau temen-temen bisa ajak temen-temen kalian patungan untuk membangun usaha Bersama, ya hitung-hitung sambi belajar bersama kan hehehe. Berapapun modal yang keluar, temen-temen harus selalu catat untuk perhitungan yang jelas kedepannya. Seperti kita ketahui bahwa modal merupakan masalah yang sangat penting dan sensitif, maka temen-temen harus selalu pastikan untuk membuat perjanjian yan jelas untuk awal usaha kalian. Nah ada juga tips seperti kisahnya kak Danu tersebut, yang memnafaatkan pihak ketiga yaitu investor untuk memperoleh modal yang kita butuhkan. Jadi temen-temen harus buat ide yang semenarik mugkin dan yakinkan para investor agar mereka tertarik utnuk membiayakan bisnis kalian. Terakhir, temen-temen kan bisa langsung pinjam modal di beberapa Lembaga seperti BANK atau koprasi di sekitar wilayah temen-temen.

TARGET PEMASARAN
Target pemasaran meruapakan suatu alat ukur temen-temen untuk menjadikan usaha kuliner tersebut lebih sepesifik dan tepat sasaran. Target pemasaran ini sangat pentng guys, terutama produk pangan. Karena hal ini akan berpengaruh pada produk dan lokasi usaha tersebut. Misalkan pada contoh RANDOL milik kak Danu yang menargetkan produknya pada kalangan remaja, sehingga dia mengolah sedemikian menu dan lokasi sesuai dengan apa yang dharapkan dan disukai dengan anak-anak remaja. Menu-menu RANDOL tidka hanya 1 varian saja, namun sangat bervarian sesuai topping kekinian. Lokasinya pun tersebar di berbagai mall lokasi para remaja suka nongkrong ataupun hang out, dan juga di beberapa lokasi sekolah dan kampus. Nah, itu salah satu contoh mengapa kita penting untuk menentukan target pemasaran kita guys.

PROMOSI
Promosi juga penting nih guys. Mengapa? Promosi merupakan bagian akhir atau ending nya dari sebuah usaha yang harus segera dilkaukan ketika usaha tersebut dimulai. Hmmmm, singkatnya gini deh guys, ya sama aja seperti kita menjualkan barang agar terjual banyak maka kita harus melakukan PROMOSI. Ya, itulah menurut saya guys, terserah kalian bagaimana menggambarkannya hehehe. Nah, promosi in memegang peran penting agar produk kita lebih dikenal terleih dahulu sebelum mereka datang atau membeli produk kita. Hal yang paling penting untuk kit apahami bahwa dari bidnag ini adalah sebuah keefektivitasan. Promosi yang dilakukan harus tepat sasaran juga nih guys, biar sasaran kalian langsung lirik dan kepincut hehehe. Dan seperti kalian ketahui bahwa sat ini banyaknya akses yang mempermudah temen-temen utnuk promosi, so jangan terlalu minder untuk bidang ini, intinya semangat dan optimis ya guys hehehe.
                Oke guys, mungkin hanya ini beberapa tips yang dapat saya posting malam ini. Itupun tips, berdasarkan pengalaman para pengusaha muda di Indonesia. Saya masih belum pengalaman banyak dalam bidang bisnis, tapi kita tetap bisa untuk saling belajar melalui banyak pengalaman mereka yang telah sukses saat ini. Semoga kita bisa ambil banyak pelajaran dari mereka, dan semoga apa yang saya share juga dapat bermanfaat buat temen-temen. Terus semangat, selalu optimis dan terus berdoa. Terima kasih.



Komentar