sumber: google.co.id
MODAL
Temen-temen pasti merasa gak
percaya diri untuk membangun usaha jika tak ada modal? Klaian pasti khawatir
dan cemas jika tidak ada modal di awal. Sebenarnya sih ini wajar, namun kalian
harus tau bahwa modal bukan segalanya guys. Kalian masih ingat dnegan cerita kak
Danu pemilik usaha RANDOL (Raja Cendol) pada postingan saya sebelumnya. Disana
kak Danu menjelasakan bahwa modal bukan segalanya utnuk kita maju membangun
usaha. Modal bukan masalah besar, namun kreativitas adalah modal yang paling mahal
guys. Jika temen-temen terkendala dengan modal (uang), kalian bisa meminjam
pada ornag terdekat kalian yang dapat dipercaya atau temen-temen bisa ajak
temen-temen kalian patungan untuk membangun usaha Bersama, ya hitung-hitung
sambi belajar bersama kan hehehe. Berapapun modal yang keluar, temen-temen
harus selalu catat untuk perhitungan yang jelas kedepannya. Seperti kita ketahui
bahwa modal merupakan masalah yang sangat penting dan sensitif, maka
temen-temen harus selalu pastikan untuk membuat perjanjian yan jelas untuk awal
usaha kalian. Nah ada juga tips seperti kisahnya kak Danu tersebut, yang
memnafaatkan pihak ketiga yaitu investor untuk memperoleh modal yang kita
butuhkan. Jadi temen-temen harus buat ide yang semenarik mugkin dan yakinkan
para investor agar mereka tertarik utnuk membiayakan bisnis kalian. Terakhir, temen-temen
kan bisa langsung pinjam modal di beberapa Lembaga seperti BANK atau koprasi di
sekitar wilayah temen-temen.
TARGET PEMASARAN
Target pemasaran meruapakan suatu
alat ukur temen-temen untuk menjadikan usaha kuliner tersebut lebih sepesifik
dan tepat sasaran. Target pemasaran ini sangat pentng guys, terutama produk pangan.
Karena hal ini akan berpengaruh pada produk dan lokasi usaha tersebut. Misalkan
pada contoh RANDOL milik kak Danu yang menargetkan produknya pada kalangan
remaja, sehingga dia mengolah sedemikian menu dan lokasi sesuai dengan apa yang
dharapkan dan disukai dengan anak-anak remaja. Menu-menu RANDOL tidka hanya 1
varian saja, namun sangat bervarian sesuai topping kekinian. Lokasinya pun
tersebar di berbagai mall lokasi para remaja suka nongkrong ataupun hang out,
dan juga di beberapa lokasi sekolah dan kampus. Nah, itu salah satu contoh
mengapa kita penting untuk menentukan target pemasaran kita guys.
PROMOSI
Promosi juga penting nih guys.
Mengapa? Promosi merupakan bagian akhir atau ending nya dari sebuah usaha yang harus segera dilkaukan ketika
usaha tersebut dimulai. Hmmmm, singkatnya gini deh guys, ya sama aja seperti
kita menjualkan barang agar terjual banyak maka kita harus melakukan PROMOSI.
Ya, itulah menurut saya guys, terserah kalian bagaimana menggambarkannya
hehehe. Nah, promosi in memegang peran penting agar produk kita lebih dikenal
terleih dahulu sebelum mereka datang atau membeli produk kita. Hal yang paling
penting untuk kit apahami bahwa dari bidnag ini adalah sebuah keefektivitasan. Promosi
yang dilakukan harus tepat sasaran juga nih guys, biar sasaran kalian langsung
lirik dan kepincut hehehe. Dan seperti kalian ketahui bahwa sat ini banyaknya
akses yang mempermudah temen-temen utnuk promosi, so jangan terlalu minder
untuk bidang ini, intinya semangat dan optimis ya guys hehehe.
Oke guys,
mungkin hanya ini beberapa tips yang dapat saya posting malam ini. Itupun tips,
berdasarkan pengalaman para pengusaha muda di Indonesia. Saya masih belum
pengalaman banyak dalam bidang bisnis, tapi kita tetap bisa untuk saling
belajar melalui banyak pengalaman mereka yang telah sukses saat ini. Semoga
kita bisa ambil banyak pelajaran dari mereka, dan semoga apa yang saya share
juga dapat bermanfaat buat temen-temen. Terus semangat, selalu optimis dan terus
berdoa. Terima kasih.
Komentar
Posting Komentar