Bagaimana Cara Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)




            Membuat suatu perusahaan memang diperlukan beberapa faktor pendukung. Bukan hanya modal aja nih guys, namun banyak hal lain yang berhubungan dengan tata cara pendirian sebuah perusahaan yang harus kita penuhi sebelum memulai suatu usaha tersebut. Terutama, jika kita ingin medirikan Perseroan Terbatas (PT), yang notabene nya merupakan perusahaan yang harus berbadan hukum jelas dan melalui pengesahan Menteri Hukum dan HAM RI. Sehingga untuk mendirikannya pun tidak akan semudah membuka kedai atau UMKM yang pernah saya jelaskan di label manajemen pangan. Yuk kita kupas apa aja sih yang harus kita miliki jika ingin membangun PT.

-       Sebuah PT harus didirikan oleh 2 orang atau lebih individu
      Jadi, PT haruslah didirikan oleh dua orang atau lebih, karena didirikannya PT ini atas dasar perjanjian. Sehinga yang dimaksud dengan individu disini adalah seseorang yang berarti individu yang memiliki modal atau dapat dikatakan juga sebagai badan hukum yang ingin mendirikan sebuah usaha berdasarkan perjanjian dengan pihak lain.
-       PT harus didirikan dengan akta otentik
           Selain melakukan perjanjian antara dua orang atau lebih, untuk mendirikan sebuah perusahaan juga harus dibuat melalui otentik dengan bantuan notaris. Akta ini dibuat dengan Bahasa Indonesia yang jelas dan didalamnya memuat mengenai anggaran dasar perseroan. Kemudian akta ini akan diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI, yang kemudian disahkan untuk menjadi suatu badan hukum. Menteri Hukum dan HAM harus mengesahkan akta tersebut, jika tidak maka perusahaan itu tidak akan menajdi suatu badan hukum.
-       PT harus memiliki modal dasar Perseroan
    Tentu kita pasti butuh modal, kita jalan ke kampus aja harus butuh modal guys, entah untuk makan ataupun transportasi. Nah sama hal nya dengan perseroan tentu membutuhkan modal di awal. Diperlukan modal yang cukup untuk mendirikan sebuah perusahaan dengan bentuk Perseroan Terbatas. Nah, ini merupakan salah satu syaratnya kita untuk membangun Perseroan terbatas guys. Jadi, dalam perundang-undangan juga disebutkan jika modal dasar dalam sebuah Perseroan adalah jumlah keseluruhan nilai nominal saham yang terdapat dalam perseroan. Modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan ditentukan dalam anggaran dasar Perseroan.

Berikut langkah-langkah secara keseluruhan untuk membuat Perseroan Terbatas:
1.     Membuat Akta perusahaan
2.     Mendapatkna surat keterangan domisili usaha
3.     Membuat NPWP Perusahaan
4.     Mendapatkan SK Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari kemenkumham
5.     Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP

Sekian dulu postingan kali ini ya guys, Semoga bermanfaat ya :) 


Komentar